Minggu, 12 Agustus 2012

MUDA WANITA PRAJA

 SEKILAS TENTANG PRAJA 

jadi praja ituuu........ ENAK,SERU.. bisa punya banyak teman diseluruh wilayah di indonesia, dengan begitu kita bisa tau karakter dan ciri ciri orang di masing masing daerah.. selain itu, kita bisa keliling nusantara . . apa coba yang kurang, hidup ditanggung pemerintah mulai dari ujung kaki sampai rambut. makan , tidur , pendidikan , fasilitas. kita sebagi praja tiinggal menikmati aja.. selain itu, tentu orang tua juga sangat bangga bisa melihat putra putrinya sekolah di ipdn. asal rekan2 tau, masuk ipdn itu gag gampang. butuh pengorbanan dan perjuangan, seperti kita tau sendiri IPDN merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan kementrian dalam negri, sama halnya seperti  AKMIL,AKPOL,AAU,AALdll.
rekan rekan pasti pernah mendengar selentingan tentang bagaimana kehidupan di IPDN yang katanya " ada kekerasan".. mmmmm, apa yahh... saya sendiri sebelum menjadi praja sempat takut juga masuk IPDN gara2 isu kekerasan tersebut. tapi sekarang saya sudah membuktikannya sendiri, bahwa hal itu tidak  benar melainkan hanya fiktif belaka.
'' perlu rekan rekan ketahui disetiap sekolah kedinasan pasti ada yang namanya senior dan junior, sebagai senior kita harus bisa memberikan contoh teladan yang baik untuk junior dibawah kita, dan sebagai junior kita harus loyal dan respek kpd senior. karna hal itu akan kita terapkan nanti di kehidupan nyata, bagaimana sikap kita saat menjadi seorang atasan dan seorang bawahan. di IPDN sendiri terdapat 4 tingkatan dalam proses pendidikan. tingkat 1 ( muda praja ) , tingkat 2 ( madya praja ) ,tingkat 3 ( nindya praja ) dan yang terakhir tingkat 4 ( wasana praja )  . masing2 tingkatan tadi tentu mempunyai karakternya tersendiri, contohnya pada saat tingkat satu ( muda praja ) tingkatan terendah yang biasanya sering kena usil dari senior2 diatasnya.. pada tingkatan ini bisa dibilang lagi capek2nya, maklumlah istilahnya kita anak paling muda. saya sendiri merasakan hal itu , karna pada saat muda praja 80% hak atau kebebasan yang kita miliki diatur dan ditentukan oleh lembaga., banyak kegiatan,  mulai dari kegiatan fisik, lari sana sini, hukuman dll. hukumanya mulai dari push up , sit up , lari.. yang jelas gag ada yg namanya kekerasan. buat saya sih hukuman itu wajar buat praja yang memang salah atau melanggar aturan. saat ini saya menikmati apa yg saya alami selama jadi muda praja. karna itu merupakan pengalaman terbaik yang tdk akan dapat dilupakan.. ada yg bilang" indah untuk dikenang tapi tidak untuk diulang"',hehehe__ namun  sebentar lagi saya akan naik tingkat menjadi madya praja. setelah jadi senior nanti, saya berharap bisa jadi contoh yang baik buat adik adik junior saya..

mungkin sekian dulu curhat curhatan saya, dilain waktu saya akan berbagi cerita lagi.. ^_^

3 komentar: